Ayo Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Perkembangan wisata edukasi di Kabupaten Jombang makin semarak. Setelah Goa Jepang di Mojoagung dan Bukit Hijau di Wonosalam, kini telah dibuka tempat wisata edukasi di Jombang yang bernama Bale Tani. Bale Tani terletak di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Inilah tempat wisata pendidikan yang bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin mengajarkan pertanian kepada anak-anak.

Wisata Bale Tani baru dibuka untuk umum sekitar bulan Juli 2017 lalu sehingga belum banyak masyarakat Jombang yang mengetahui keberadaannya. Saat artikel ini diterbitkan, penulis telah melakukan kunjungan ke destinasi wisata pertanian Bale Tani di Banjaragung Bareng Jombang sebanyak tiga kali. Masing-masing kunjungan memberikan kesan yang berbeda-beda karena waktu kunjungan juga berbeda. Melalui blog The Jombang Taste ini penulis membagi pengalaman berlibur ke tempat wisata terbaru di Jombang selatan ini.

Lokasi Bale Tani

Lokasi Bale Tani berdekatan dengan pabrik sepatu Venezia sehingga memudahkan setiap wisatawan yang akan berkunjung ke obyek wisata terbaru di Jombang selatan ini. Anda cukup bertanya dimana letak pabrik sepatu Venezia maka Anda sudah pasti bertemu pintu gerbang obyek wisata Bale Tani. Wisata edukasi Bale Tani tepat berada di sisi utara pabrik sepatu tersebut. Tempat parkir wisata Bale Tani berhimpitan dengan lahan parkir pabrik sepatu. Anda tidak perlu takut tersesat karena akses jalan raya mudah dijangkau dan kondisi jalan raya bagus.

Anda bisa mencapai obyek wisata edukasi Bale Tani dari jalur transportasi arah utara maupun selatan jalan raya yang menghubungkan jalan alternatif Surabaya-Kediri. Jika Anda berangkat dari arah Surabaya, ketika sampai di sub terminal Mojoagung, Anda bisa mengambil jalur kiri ke arah Wonosalam. Saat tiba di pertigaan Mojoduwur, Anda tinggal belok kanan dan butuh waktu lima belas menit untuk sampai ke tempat wisata Bale Tani. Anda juga bisa mengambil meeting point di Rumah Sakit Kristen Mojowarno (RSKM). Jarak RSKM ke Bale Tani bisa ditempuh selama 10 menit saja.

Harga Tiket Masuk

Wisata edukasi Bale Tani belum banyak dikenal publik. Pengelola obyek wisata pertanian di Kabupaten Jombang bagian selatan ini adalah sebuah koperasi petani. Strategi promosi yang digunakan oleh pengelola Bale Tani untuk menarik kunjungan wisata adalah menggratiskan biaya masuk lokasi pada hari Senin sampai Sabtu. Hanya kunjungan wisata pada hari Minggu saja yang dikenakan tiket masuk Rp5.000 per orang dan gratis biaya parkir. Harga tiket masuk Bale Tani ini berlaku untuk semua wisatawan tanpa memandang usia dan tinggi badan.

Bale Tani dikelola oleh kelompok Pasedulur Tani. Jika Anda berminat berlibur ke Bale Tani, maka penulis sarankan datang selain hari Minggu. Tanpa bermaksud menghindari bayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah, kunjungan selain hari Minggu relatif sepi pengunjung sehingga Anda lebih nyaman berlama-lama menikmati kawasan agrowisata di Bareng Jombang ini. Pada saat penulis menulis artikel ini, tempat wisata Bale Tani ramai dikunjungi warga Jombang dan sekitarnya hanya pada hari libur saja.

Liburan seru ke tempat wisata di Jombang, Bale Tani di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang
Liburan seru ke tempat wisata di Jombang, Bale Tani di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

Wisata Edukasi Pertanian

Sesuai namanya, obyek wisata Bale Tani Banjaragung Bareng Jombang merupakan surga wisata bagi Anda yang tertarik menekuni bidang pertanian. Jenis pertanian yang dikembangkan di tempat wisata Bale Tani Jombang antara lain hidroponik, hortikultura, persawahan, ladang, peternakan sapi, dan perikanan darat. Ragam pendidikan pertanian yang dikembangkan di destinasi wisata Bale Tani memang banyak. Hal tersebut didukung oleh fakta banyak lokasi Bale Tani beberapa tahun lalu merupakan pusat peternakan sapi. Pihak pengelola mengubah strategi bisnis dan mengarahkan Bale Tani menjadi wisata buatan yang menarik sekaligus rekreatif.

Wisata pertanian Bale Tani dilengkapi dengan tujuh buah rumah panggung dan sebuah musholla. Fasilitas tersebut sangat representatif untuk dijadikan tempat pelatihan atau training karyawan. Anda bisa mengadakan pendidikan dan pelatihan keprofesioan di Bale Tani dengan nyaman karena aula Bale Tani dilengkapi dengan tata suara yang bagus dan lingkungan yang nyaman. Biaya sewa rumah-rumah panggung Bale Tani sekitar dua juta untuk masa sewa satu hari satu malam. Harga tersebut tidak termasuk biaya konsumsi atau katering dan termasuk harga sewa lumayan bagus untuk lokasi Bale Tani yang terjangkau untuk publik.

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Kolam Renang Anak

Wisata Bale Tani di Banjaragung Bareng Jombang telah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang untuk kanak-kanak. Terdapat dua set kolam renang untuk anak-anak. Anak Anda tidak akan merasa bosan selama berlibur di area wisata Bale Tani karena kolam renang tersebut bersih dan selalu dikuras setiap hari. Fasilitas kolam renang di Bale Tani tersedia gratis untuk semua pengunjung. Harga tiket sebesar lima ribu rupiah sudah termasuk tiket masuk ke kolam renang anak. Anda tinggal menunjukkan gelang tiket masuk sebagai tanda bahwa Anda sudah melewati loket pembelian tiket secara resmi.

Kolam renang anak di wisata Bale Tani berukuran dangkal. Meski demikian, Anda tetap perlu mendampingi anak-anak Anda selama berlibur. Penulis telah beberapa kali berkunjung ke Bale Tani dan selalu mendapati anak-anak yang bermain di kolam renang Bale Tani. Kolam renang anak tampaknya menjadi tempat tujuan utama kunjungan wisatawan ke Bale Tani selain ragam latar belakang foto yang kekinian. Puluhan bola platik disediakan oleh pengelola wisata pendidikan Bale Tani untuk pengunjung. Inilah tempat wisata seru untuk kegiatan outbond murid-murid PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

Hiburan Karaoke Keluarga

Berlibur bersama keluarga ke wisata edukasi Bale Tani di Jombang selatan tetap seru karena adanya karaoke keluarga. Anda bisa menikmati waktu liburan dengan bernyanyi bersama keluarga di Bale Bengok yang terletak di bagian utara kawasan obyek wisata Bale Tani. Tempat karaoke Bale Tani terletak agak menjauh dari keramaian untuk memberikan privasi bagi pengunjung yang ingin olah vokal.

Penulis berkesempatan mencoba fasilitas karaoke keluarga di tempat wisata edukasi Bale Tani. Karena masih dalam masa promo, fasilitas karaoke tersedia gratis untuk penulis dan kawan-kawan yang siang itu bergembira bersama dalam lagu-lagu rancak. Meski demikian, lain hari Anda harus menyiapkan uang Rp10.000 untuk bisa menyanyikan enam buah lagu kesukaan Anda yang terdapat di karaoke Bale Bengok yang ada di area wisata Bale Tani.

Kreasi Latar Belakang Foto

Jalan-jalan ke tempat wisata terbaru di Jombang rasanya belum lengkap kalau belum berfoto dengan latar belakang atau background unik. Destinasi wisata edukasi Bale Tani di Jombang menyediakan beberapa background yang menarik untuk Anda gunakan berfoto. Di depan aula wisata pertanian Bale Tani terdapat gambar sayap besar yang dapat Anda gunakan untuk bergaya. Selanjutnya, Anda bisa bergaya ala tukang kebun di sela-sela aneka tanaman sayur yang terletak di bagian tengah.

Menuju ke bagian belakang wisata pertanian di Jombang ini terdapat puluhan payung berwarna-warni yang digantung di atas rumah-rumah peternakan kelinci. Latar belakang payung aneka warna ini akan mengingatkan Anda pada obyek wisata Bukit Hijau Panglungan Wonosalam. Mungkin saja kedua tempat wisata terkini di Kabupaten Jombang itu terinspirasi oleh keindahan payung-payung yang menggantung di Kota Paris, Perancis. Apapun alasannya, wisata kekinian Bale Tani layak dikunjungi.

Minim Penjual Makanan

Wisata edukasi pertanian Bale Tani baru saja dibuka untuk umum. Maka sangat wajar bila terdapat beberapa kekurangan dalam hal pengelolaan dan penyediaan fasilitas berlibur. Satu kekurangan yang terlihat nyata adalah tidak tersedia kafetaria yang menyediakan makanan dan minuman sesuai harapan pengunjung di bagian dalam area wisata. Berdasarkan pengamatan penulis, bagian dalam obyek wisata Bale Tani hanya terdapat penjual minuman botol dan es krim. Sementara bagi pengunjung yang ingin merasakan aneka kudapan lezat harus pindah lokasi ke Agromart yang berada di pintu gerbang menuju area wisata Bale Tani.

Kabar terbaru yang didapatkan penulis ketika berkunjung ke Bale Tani pada akhir September 2017 adalah sudah tersedia rumah makan di lokasi wisata Bale Tani. Menu yang ditawarkan lumayan murah meriah dan lezat. Ayam panggang dan aneka olahan ikan goreng sudah menanti Anda. Menu tersebut tersedia ketika akhir pekan saja. Selama weekday belum tersedia karena minimnya jumlah pengunjung. Bukan hanya soal menu makanan yang bertambah ragamnya, lokasi Bale Tani kini pun makin diperluas dengan tambahan beberapa spot foto baru.

Sekian ulasan penulis mengenai wisata edukasi Bale Tani. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda untuk mengajak anak-anak berlibur dengan menyenangkan sekaligus memuat unsur pendidikan. Siapkan waktu liburan Anda dan nikmati jalan-jalan santai ke berbagai tempat wisata di Kabupaten Jombang yang indah.

6 Replies to “Ayo Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *