5 Tempat Liburan Keluarga Dengan Biaya Termurah di Indonesia

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste kembali hadir mengulas ragam tempat wisata indah dan menarik di Nusantara. Indonesia memiliki alam yang indah dan tanah yang subur terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hal ini mendukung terciptanya tempat wisata murah dan dekat dengan tempat tinggal kita. Berlibur ke tempat wisata murah memiliki beberapa manfaat. Selain bisa jalan-jalan santai dan melepas beban kerja, liburan ke tempat wisata murah tidak membutuhkan biaya yang banyak. Pada umumnya tempat wisata murah di Indonesia tidak memungut biaya masuk ke lokasi wisata. Anda pun dapat berlibur dengan biaya murah.

Tempat liburan berbiaya murah bukan saja bagus untuk berhemat, tetapi juga seru untuk bersenang-senang bersama keluarga tanpa khawatir terbebani biaya ekstra. Meski tamasya ke tempat wisata murah menjadi idola masyarakat, Anda jangan sampai melupakan prinsip keamanan dan kenyamanan selama berlibur ke tempat wisata tersebut. Karena bagaimanapun juga, keselamatan diri dan keluarga harus tetap diperhatikan selama piknik ke tempat wisata murah. Berikut ini saya bagi beberapa tempat wisata murah yang ada di Indonesia. Mungkin Anda menyukai salah satu diantaranya.

Bale Tani Jombang

Inilah tempat wisata edukasi terbaru di Kota Jombang. Bale Tani terletak di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Bale Tani memiliki konsep liburan murah untuk Anda pecinta agrowisata. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bale Tani hanya dipungut tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati jalan-jalan santai di area perkebunan sayur dan buah, bermain di area spot foto seru, dan berenang bersama anak-anak.

Bale Tani terletak di selatan Kabupaten Jombang. Inilah obyek wisata di Kabupaten Jombang yang bagus menjadi tujuan berlibur bagi para pelajar. Liburan akhir tahun tidak harus mahal. Tempat berlibur dengan biaya murah ini bisa Anda kunjungi setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00. Sambil berlibur di kawasan pertanian Bale Tani, Anda juga bisa menikmati fasilitas karaoke gratis disana. Sedangkan bagi Anda pecinta wisata kuliner, tak ada salahnya mencoba kuliner belut goreng di area wisata Bale Tani.

Taman Bungkul Surabaya

Tempat berlibur dengan biaya murah ada di Surabaya juga. Bagi Anda yang tinggal di kota Surabaya dan ingin mengunjungi tempat wisata murah dan tidak jauh dari rumah, Taman Bungkul adalah tempat wisata di Jawa Timur yang tepat. Taman Bungkul telah mengalami pemugaran dalam beberapa tahun terakhir dan berubah menjadi tempat wisata murah bagi berkumpulnya warga Surabaya di sore hari. Taman Bungkul dilengkapi dengan air mancur, lapangan terbuka dan tempat bermain untuk anak-anak. Acara santai bersama keluarga jadi lebih nyaman dilakukan di tempat wisata murah ini.

Sementara itu, bagi anak muda yang suka bersosialisasi dengan teman-teman sebaya, Taman Bungkul adalah lokasi bertemunya remaja Surabaya di sore hari. Di tempat wisata murah Surabaya ini Anda bisa memanfaatkan jaringan internet gratis, bermain skate-board, menikmati jajanan khas Surabaya, maupun sekedar duduk santai melihat pemandangan Jalan Raya Dharmo dari Taman Bungkul. Pada waktu-waktu tertentu, tempat wisata murah di Surabaya ini menjadi tempat berlangsungnya kegiatan sosial dan kampanye sehat.

Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang
Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Monumen Nasional Jakarta

Tempat wisata berbiaya murah juga ada di Jakarta lho. Lapangan Monumen Nasional (Monas) adalah tempat wisata di Jakarta yang juga berfungsi sebagai tempat wisata murah meriah untuk warga Jakarta. Lapangan Monas menjadi tempat hiburan bagi jutaan masyarakat Jakarta dari beragam kelas ekonomi. Sementara itu, tempat wisata murah Lapangan Monas dan lokasi sekitar Tugu Monas pada hari Minggu pagi menjadi tempat berolahraga yang nyaman bagi penduduk Jakarta. Untuk sejenak, mereka bisa menghirup udara segar di kota metropolitan Jakarta.

Di tempat wisata murah Jakarta ini sering diadakan pertunjukan musik yang menghadirkan musisi nasional di Indonesia. Konser musik yang diadakan di Lapangan Monas pada umumnya musik beraliran dangdut dan pop yang disukai masyarakat secara luas. Lapangan Monas menjadi tempat wisata murah dan menyenangkan bagi warga Jakarta didukung oleh para pedagang yang menjual jajanan khas Betawi. Misalnya kerak telor, bajigur, bir pletok dan lain-lain.

Simpang Lima Semarang

Semarang adalah gudangnya tempat berlibur dengan biaya murah. Tempat wisata murah juga bisa Anda dapatkan di kota Semarang, tepatnya di Simpang Lima Semarang. Sama seperti halnya Lapangan Monas di Jakarta, Simpang Lima Semarang juga menjadi tempat wisata murah bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi. Simpang Lima adalah pusat rekreasi warga Semarang pada malam hari selepas bekerja. Kita bisa menikmati beragam sajian kuliner tradisional Semarang disana. Mulai dari lumpia, bakpia, soto, sate dan lain-lain.

Simpang Lima Semarang adalah area yang luas dan berada di pusat kota Semarang. Kondisi tersebut sangat tepat dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan pementasan seni musik dan tari kolosal. Pemerintah Daerah setempat sering memanfaatkan Simpang Lima sebagai tempat wisata murah untuk promosi perekonomian pedagang kecil. Disana kita bisa menemui beragam kerajinan budaya Jawa yang unik dan menarik dijual dengan harga terjangkau.

Situ Panjalu Ciamis

Ciamis juga memiliki tempat berlibur dengan biaya murah. Situ Lengkong Panjalu adalah nama sebuah danau yang terbentuk secara alami yang berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, propinsi Jawa Barat. Kondisi alam yang berupa daerah dataran tinggi menjadikan Danau Panjalu sangat tepat dijadikan tujuan tempat wisata murah liburan bersama keluarga. Inilah tempat wisata murah yang layak Anda kunjungi pada musim libur mendatang. Sambil jalan-jalan santai, Anda bisa membeli oleh-oleh kerajinan rakyat khas Sunda di tempat wisata murah di Ciamis ini. Lokasi pasar tradisional Panjalu berada di dekat dermaga danau.

Di tengah-tengah Danau Panjalu terdapat Pulau Nusa Gede yang memiliki hutan alam dan dihuni sejumlah binatang langka. Pulau Nusa Gede merupakan tempat pemakaman Syekh Panjalu, seorang penyebar agama Islam di tanah Sunda. Banyak umat muslim yang berziarah ke makan Syekh Panjalu sebagai bagian dari tour religi Wali Songo. Oleh karena, Danau Panjalu adalah tempat wisata murah meriah yang menjadi tujuan berlibur bagi masyarakat Ciamis dan sekitarnya.

Itulah sejumlah tempat wisata murah di beberapa kota di Indonesia. Selain tempat wisata murah yang ada di atas, setiap kota pada umumnya memiliki taman kota yang asri sebagai bagian dari program penghijauan yang dilakukan oleh Pemerintah. Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tujuan berlibur ke tempat wisata murah di luar negeri. Cukup langkahkan kaki keluar rumah dan lihat kondisi lingkungan di kanan dan kiri, pasti Anda akan temukan banyak tempat wisata murah dan nyaman yang tidak terduga. Selamat berlibur!

6 Replies to “5 Tempat Liburan Keluarga Dengan Biaya Termurah di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *