5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste

Asyiknya-Liburan-ke-Tempat-Wisata-Pantai-di-Jogja
Asyiknya-Liburan-ke-Tempat-Wisata-Pantai-di-Jogja

Apa kabar sobat The Jombang Taste? Kebahagiaan terbesar bagi seorang orang tua adalah saat mampu meluangkan waktu-waktu berkesan bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Salah satu cara mendekatkan hati yang berjauhan adalah dengan melalui perjalanan panjang bersama-sama dalam kegiatan wisata keluarga. Oleh karena itu, ayo sisihkan waktu Anda untuk melaksanakan liburan seru bersama keluarga tercinta.

Berwisata keluarga tidak harus mahal, bahkan dengan anggaran dana terbatas pun Anda tetap bisa menikmati perjalanan wisata dengan nyaman dan penuh kenangan. Libatkan kecanggihan teknologi informasi dan kawan-kawan lama Anda untuk mendukung aktifitas wisata berbiaya murah. Berikut ini lima tips berwisata murah ala The Jombang Taste yang dapat Anda praktekkan.

1. Survey Obyek Wisata Tujuan

Orang bijak berkata persiapan yang matang adalah setengah dari pencapaian keberhasilan. Hal ini juga berlaku dalam hal menyiapkan acara wisata keluarga Anda. Tetapkan itinerary atau tujuan liburan ke obyek wisata mana saja yang akan Anda kunjungi. Jenis dan variasi obyek wisata liburan yang Anda pilih tergantung lama liburan, usia peserta liburan dan jumlah dana yang Anda siapkan untuk pos liburan keluarga. Semakin lama masa liburan yang tersedia dan semakin besar dana yang Anda miliki, maka semakin leluasa bagi Anda untuk menentukan road map traveling bersama keluarga.

Sempatkan waktu Anda untuk melakukan survey kecil terkait lokasi-lokasi wisata yang akan dituju. Jangan malu bertanya kepada saudara atau teman yang pernah mengunjungi obyek wisata tersebut. Informasi dan pengalaman berwisata secara personal akan banyak membantu Anda dalam mempersiapkan kegiatan traveling menyenangkan bersama keluarga. Jika informasi itu tidak bisa Anda peroleh dari orang-orang di sekeliling Anda, browsing internet adalah solusi praktis untuk mendapatkan informasi terbaru kondisi tempat wisata tujuan.

2. Pilih Tiket Masuk Murah atau Gratis

Berwisata dengan anggaran terbatas bukanlah halangan untuk bisa bersenang-senang bersama keluarga. Sekarang sudah banyak beroperasi tempat-tempat wisata murah di Indonesia dengan fasilitas yang memadai. Pada umumnya, obyek wisata berbiaya murah itu ditandai dengan tiket masuk yang murah, bahkan gratis. Meski gratisan, bukan berarti acara liburan tidak menyenangkan dan mendidik anak-anak. Pemerintah Daerah di berbagai provinsi di Indonesia berlomba-lomba menyediakan tempat wisata edukasi keluarga berupa ruang terbuka hijau maupun fasilitas publik lainnya secara cuma-cuma. Ayo manfaatkan!

Berikutnya, trik utama untuk mendapatkan tiket masuk murah pada tempat wisata populer adalah hindari berwisata pada hari libur nasional maupun akhir pekan atau weekend. Ambil cuti kerja beberapa hari dan pilih waktu berwisata pada weekday atau hari-hari biasa pada saat kebanyakan orang sedang tidak berlibur. Selain bisa mendapatkan tiket wisata murah, berlibur pada weekday memberikan kesempatan bagi Anda sekeluarga untuk merasakan kenyamanan berlibur tanpa harus terganggu keramaian jumlah pengunjung yang berlebih.

5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste
5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste

3. Ajak Teman Sebagai Tour Guide

Tips berwisata murah berikutnya adalah manfaatkan kenalan lama Anda untuk membantu kelancaran road map liburan Anda. Bila Anda memiliki satu atau beberapa teman lama yang tinggal di kota tujuan wisata, jangan ragu untuk mengontaknya beberapa hari sebelum kedatangan Anda. Inilah saatnya berwisata sekaligus menghubungkan kembali koneksi lama yang sempat terputus. Keuntungannya adalah adalah tidak perlu keluar biaya tambahan untuk jasa pemandu wisata plus dapat mengenang kembali masa-masa menyenangkan tempo dulu.

Selain meminimalkan biaya liburan, keberadaan local guide juga bermanfaat mencegah timbulnya resiko-resiko yang mungkin Anda alami selama berwisata bersama keluarganya, misalnya terhindar dari tersesat jalan dan pungutan liar. Dengan hadirnya tour guide yang akrab dan bersahabat, Anda pun bisa mendapatkan saran terbaik dalam mencicipi aneka wisata kuliner daerah setempat. Pemandu wisata lokal tentu sudah sangat paham rumah makan atau restoran mana yang menyediakan kuliner khas dengan cita rasa lezat dan harga bersahabat.

4. Berburu Tiket Transportasi Murah

Selanjutnya, pilihlah moda kendaraan yang paling murah dam mudah untuk mencapai obyek wisata yang Anda tuju. Pesanlah tiket pesawat sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat. Sering-seringlah membuka website layanan penerbangan dan manfaatkan promo tiket pesawat murah yang biasanya ditawarkan setiap bulan. Selain menggunakan transportasi udara, Anda mungkin akan membutuhkan transportasi darat berupa kereta api maupun bus. Jika itu pilihan Anda, pilihlah bus non AC yang harga tiketnya relatif lebih murah disbanding bus AC.

Untuk wisata rombongan dengan beberapa keluarga, cobalah menjajaki kemungkinan sharing cost dalam hal menyewa kendaraan. Berbagi biaya bukan hanya soal menghemat pengeluaran liburan, tetapi juga berbagi pengalaman berwisata dan antisipasi bersama dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Asyiknya lagi kalau menyewa kendaraan bersama-sama adalah Anda bisa berwisata dengan waktu lebih leluasa karena tidak terkendala jadwal keberangkatan kereta api maupun bus yang seringkali tidak bersahabat dan tidak tepat waktu.

5. Cari Hotel atau Penginapan Murah

Selama Anda beraktifitas wisata keluarga yang menyenangkan tentu harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Untuk itu diperlukan waktu istirahat yang cukup agar tubuh bugar dan Anda dapat menikmati keindahan setiap tempat wisata yang dikunjungi. Bersiaplah booking hotel murah yang fasilitasnya memadai untuk liburan Anda. Pilihlah hotel atau penginapan murah yang berada di sekitar lokasi obyek wisata favorit Anda. Kedekatan lokasi hotel dengan destinasi wisata memudahkan Anda untuk menjangkau obyek wisata, menghemat waktu, dan sekaligus menghemat biaya. Penginapan murah di sekitar obyek wisata adalah kebutuhan setiap wisatawan yang sedang berlibur.

Kini telah hadir Hotel AiryRooms yang menawarkan harga sewa hotel murah untuk Anda sekeluarga. Hotel AiryRooms memiliki kamar bersih, desain interior nyaman, pelayanan hotel oke, air minum gratis, wifi gratis, pendingin ruangan, air mandi hangat, dan lokasi strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat ibadah. Berwisata keluarga bersama Hotel AiryRooms membantu Anda tetap bisa menikmati liburan tanpa khawatir terbebani pengeluaran yang membengkak. Anda bisa mendapatkan alamat lengkap lokasi hotel-hotel AiryRooms melalui website AiryRooms.

Liburan seru karena booking kamar hotel murah dengan fasilitas memadai di AiryRooms dot com
Liburan seru karena booking kamar hotel murah dengan fasilitas memadai di AiryRooms dot com

Nah, itulah 5 tips berwisata murah ala The Jombang Taste. Selamat menyusun rencana liburan bersama keluarga. Semoga kegiatan traveling Anda menyenangkan!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *