Traveling Seru di Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang

Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang
Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang

Halo kawan blogger Jombang! Bagaimana kabar Anda hari ini? Musim yang berlangsung di Indonesia saat ini sedang pancaroba. Kadang hujan, kadang panas. Nah kalau cuaca lagi cerah alangkah segarnya kalau kita jalan-jalan ke tempat wisata kolam renang di akhir pekan. Kabupaten Jombang saat ini memiliki obyek wisata Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang. Sesuai namanya, tempat wisata kolam renang di Jombang ini dimiliki dan dikelola oleh STKIP PGRI Jombang. Berwisata murah di Jombang bisa dilakukan dimana saja dan tetap menyenangkan untuk dijalani.

Dimanakah lokasi Aquatics pertama di Kota Jombang? Berapakah harga tiket masuk kolam renang Aquatics Jombang? Fasilitas apa saja yang bisa pengunjung nikmati di kolam renang terbesar di Kota Jombang ini? Lalu, bagaimana penilaian secara umum kondisi wisata edukasi kolam renang di Kabupaten Jombang ini? Ayo kita ulas.

Lokasi Aquatics Jombang

Dimanakah lokasi kolam renang Aquatics STKIP PGRI Jombang? Mudah. Anda tinggal datang ke kampus STKIP PGRI Jombang dan kolam renangnya sudah ada tepat di depan kampus. Memang, tujuan awal pembangunan Aquatics Jombang ini adalah sebagai salah satu sarana penunjang perkuliahan jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan perguruan tinggi tersebut. Kalau dalam perkembangannya sekarang kolam renang Aquatics dikomersilkan itu adalah fungsi tambahan yang menyenangkan.

Secara lengkapnya, kolam renang Aquatics Jombang beralamat di Jalan Pattimura III Kota Jombang. Lokasi obyek wisata renang di Jombang ini memiliki gapura masuk tepat di depan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jombang. Jika Anda berangkat dari arah Alun-alun Kabupaten Jombang, Anda ikuti saja Jalan Gubernur Suryo yang sampai pertigaan SMK Negeri 3 Jombang. Dari pertigaan tersebut Anda belok kiri. Kurang lebih 200 meter kemudian terdapat Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jombang dan Anda belok ke kanan mengikuti papan petunjuk gapura STKIP PGRI Jombang.

Harga Tiket Masuk Aquatics

Kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya mengantar murid-murid SDN Latsari melakukan Ulangan Tengah Semester (UTS) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Meskipun saya bukan guru olahraga, namun saya mendapat tugas mengawal anak-anak UTS disana. Bagi saya tidak masalah. Bisa kerja sekaligus liburan berenang di Aquatics Jombang. Rasanya sudah lama saya tidak nyemplung ke kolam renang setelah aktif mengajar Muatan Lokal Keagamaan di SDN Latsari.

Singkat cerita, saya berangkat ke Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang selama dua hari berturut-turut, yaitu tanggal 15 dan 16 Maret 2017 lalu. Harga tiket masuk Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang bagi masyarakat umum adalah Rp15.000 per orang. Berhubung acara liburan kali ini dilaksanakan secara massal bersama 150 orang, maka pihak pengelola Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang memberikan diskon setengah harga tiket masuk menjadi Rp7.500 per orang.

Harga tiket masuk Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang ini berlaku untuk weekday alias bukan hari libur. Waktu itu saya kesana hari Rabu dan Kamis. Lain halnya kalau Anda berlibur ke tempat wisata air di Jombang ini pada hari Sabtu dan Minggu mungkin Anda akan mendapatkan harga tiket umum. Saran saya, jika Anda akan berlibur ke Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang secara berkelompok, misalnya satu sekolah, lebih baik Anda hubungi pihak pengelola kolam renang seminggu sebelumnya. Barangkali Anda bisa mendapatkan penawaran harga menarik.

Fasilitas Kolam Renang Aquatics

Apa saja fasilitas yang ditawarkan pengelola Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang kepada pengunjung disana? Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang memiliki dua area utama, yaitu kolam renang dan kolam bermain air. Kolam renang Aquatics STKIP PGRI Jombang terdapat dua jenis, yaitu kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak. Kolam renang dewasa memiliki kedalaman maksimal 2 meter. Sedangkan kolam renang anak-anak memiliki kedalaman maksimal 1 meter.

Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang termasuk wisata unisex. Artinya, baik pengunjung laki-laki maupun pengunjung perempuan boleh menempati kolam yang sama. Bagi Anda yang terbiasa mengikuti kegiatan wisata syar’i mungkin akan sedikit terganggu dengan bercampurnya laki-laki dan perempuan dalam satu area kolam. Oleh karena itu, hindari berkunjung ke Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang pada akhir pekan dimana saat itu terjadi penumpukan pengunjung kolam.

Selanjutnya, area bermain air berukuran kurang lebih penggabungan dua buah kolam tersebut di atas. Area bermain air ini memiliki beberapa prosotan air atau waterboom. Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang menyediakan tempat bermain air untuk anak-anak mulai usia taman kanak-kanak hingga remaja. Bagian paling menarik tentu saja main prosotan air di level yang paling tinggi, yaitu kira-kira 20 meter. Tidak semua pengunjung berani menaiki prosotan air itu. Kalau dibandingkan dengan fasilitas bermain kolam renang Tirto Agung Sukoiber, saya masih lebih suka berenang di Sukoiber yang lebih variatif dan lebih bersih.

Diantara kedua area tersebut, Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang menyediakan kamar ganti yang lumayan bersih. Kamar ganti tersebut berada di tengah-tengah area kolam barat dan kolam timur. Kondisi kamar ganti masih bagus. Maklumlah, saat berkunjung kesana Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang baru dibuka untuk umum beberapa bulan lalu dan belum ada setahun. Seingat saya, Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang dibuka untuk umum pada awal Januari 2017 lalu.

Penataan Area yang Buruk

Terlepas dari beragam fasilitas menarik yang memanjakan pengunjung Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang, saya kecewa dengan penataan area wisata air di pusat Kota Jombang ini. Saya masih menjumpai banyak lahan kosong di sisi barat Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang. Bukan hanya itu, hiasan pada dinding-dinding yang mengitari kolam renang pun standard saja. Banner iklan salah satu produk mie instan terlihat membosankan dalam pandangan mata saya. Kelihatan sekali kalau pengelola Aquatics belum menggarap dinding kolam dengan serius.

Nilai minus Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang bukan hanya dari penataan dekorasi dinding yang membosankan pandangan mata, tetapi juga minim pohon yang memberikan keteduhan kepada pengunjung. Berdasarkan pengamatan saya, tidak ada satupun pohon besar yang bisa memberikan angin segar kepada pengunjung Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang. Cuaca panas Kota Jombang sangat menyiksa di siang hari. Alangkah baiknya jika sekitar Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang ditanami pohon yang bisa memberikan oksigen gratis bagi pengunjungnya.

Overall, menurut penilaian saya Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang memiliki nilai 7 dari skala 0 sampai 10. Untuk saat ini Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang bisa menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Namun untuk waktu lima tahun ke depan, Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang harus terus berbenah agar tidak tenggelam oleh aneka obyek wisata air di Jombang yang makin bermunculan. Semoga review tempat wisata di Jombang ini bisa bermanfaat untuk Anda.

8 Replies to “Traveling Seru di Kolam Renang dan Wisata Air Aquatics STKIP PGRI Jombang”

  1. Kota-kota kecil di Jawa Timur terus berkembang dengan pesat. Saya bangga menjadi bagian dari penduduk Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *