3 Hal yang Harus Dimuat dalam Naskah Pidato

Tips Berpidato dan Ceramah di Hadapan Audiens Anak-anak
Tips Berpidato dan Ceramah di Hadapan Audiens Anak-anak

Berbicara di depan publik menggunakan naskah pidato bukanlah pekerjaan mudah. Meskipun setiap orang bisa berbicara secara pribadi, namun berpidato masih menjadi momok yang menakutkan banyak tersebut. Susunlah sebuah naskah pidato yang bisa membantu Anda lebih lancar berbicara. Naskah pidato yang bagus harus memuat hal-hal berikut ini:

1. Tujuan berpidato

Aktifitas berpidato memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tujuan tersebut disesuaikan dengan fungsi pidato. Ada pidato yang bertujuan membangkitkan semangat. Pembicara harus membawakan pidato dengan semangat agar tujuan pidato yang disampaikan dapat dipahami secara jelas oleh pendengar. Tujuan pidato dapat Anda nyatakan secara tersurat dalam teks pidato. Anda juga bisa menyatakan tujuan pidato secara tersirat dalam seluruh aktifitas berpidato.

2. Isi materi pidato

Isi pidato merupakan hal yang menguraikan masalah dalam pidato. Isi pidato memiliki satu gagasan yang mengikat seluruh orang yang mendengar pidato. Pembicara harus menyusun materi persiapan secara urut dan teratur. Tujuan persiapan ini adalah agar pendengar mampu memahami isi pidato tersebut dengan benar. Isi pidato hendaknya memiliki rujukan yang terpercaya. Jika Anda mengutip sebuah pernyataan dari pihak lain, pastikan Anda menyebutkan secara jelas sumbernya.

3. Sifat atau pesan pidato

Sifat atau pesan pidato mengarah pada pengungkapan isi pesan pidato. Anda harua berlatih berpidato dan berkata dengan tujuan agar tercipta keterkaitan antara tujuan, isi dan pesan pidato. Ketiga hal tersebut harus ada dalam sebuah naskah pidato. Sifat pidato bisa berupa ungkapan bela sungkawa, pernyataan memberi semangat, maupun pengarahan bagi kesuksesan sebuah kegiatan. Pesan pidato hendaknya disampaikan secara lugas, jelas dan fokus pada target audiens.

Bagikan tulisan ini:

15 Replies to “3 Hal yang Harus Dimuat dalam Naskah Pidato”

  1. Setuju sekali mas….
    kalau Adik ngomong di depan publik kadang kita lupa diri. Oleh karena itu jangan lupa bawa catatan agar materi yang disampaikan tidak Terlewatkan.

  2. Kalau sore teori si gampang tapi kalau prakteknya belum tentu karena berpidato itu sebuah keterampilan makanya kita perlu terus mengasah diri dengan latihan yang rutin.

  3. Semua tips di atas sangat baik dan menarik untuk dikaji lagi. tinggal prakteknya bagaimana kita menerapkan semua nasehat dari blogger untuk kemajuan hidup kita sehari-hari.

  4. Bagian yang paling penting tentu saja materi pidato. percuma ngomong ngalor-ngidul kalau tidak ada materi yang disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *