4 Faktor Penting untuk Penampilan Pidato yang Mengesankan Audiens

Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016
Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016

Anda perlu persiapan sebelum berpidato karena persiapan adalah kunci sukses pidato. Anda membutuhkan persiapan perkataan, sikap, penampilan, dan cara berpidato.

Menurut Adi Putranto (2017) dalam buku Ayo Berani Berpidato, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpidato ada empat hal, yaitu sikap badan, pengaturan suara, kewajaran sikap dan gaya, dan penyesuaian gerak dengan suara.

1. Sikap badan

Sikap badan saat berpidato harus tegak. Sikap ini dilakukan baik saat berpidato dengan duduk ataupun berdiri. Sikap badan tegak menunjukkan pembicara bersemangat tinggi, percaya diri, dan bersungguh-sungguh. Pandangan mata sebaiknya mengarah kepada pendengar.

2. Pengaturan suara

Anda harus mampu mengatur irama dan tempo suara saat berpidato. Pengaturan suara berkaitan dengan tinggi dan rendahnya suara. Pengaturan suara juga berkaitan dengan cepat dan lambatnya suara. Dengan demikian suara Anda dapat berirama dan enak didengar audiens.

Suara yang berirama dapat menggugah minat pendengar. Pembicaraan juga harus memperhatikan kejelasan suara atau cara pelafalannya. Kejelasan suara dapat mempermudah pendengar memahami isi pidato.

3. Kewajaran sikap dan gaya

Pembicara sebaiknya menjaga kewajaran sikap saat berpidato. Sikap dan gaya yang berlebih-lebihan dapat mengurangi perhatian pendengar. Bersikaplah wajar dan tidak berlebih-lebihan.

4. Penyesuaian gerak dengan suara

Pembicara harus bisa kreatif berpidato dengan gaya dan intonasi suara yang bervariasi. Pembicara perlu memperhatikan penyesuaian dan perubahan gaya. Tetap utamakan kewajaran dan ketepatan waktu berpidato. Sikap dan penampilan selama berpidato berperan sangat penting.

Pembicara sebaiknya juga memahami kondisi dan situasi pendengar. Misalnya pembicara melihat pendengar mulai merasa bosan maka pembicara harus menyisipkan humor untuk menyegarkan suasana dan menumbuhkan semangat pendengar.

Keberhasilan seorang pembicara ditentukan oleh kesungguhannya dalam berlatih. Sikap, suara, ekspresi, dan gaya merupakan nilai keberhasilan pidato. Hal-hal tersebut harus Anda perhatikan sebelum berpidato di depan publik.

Bagikan artikel ini melalui:

4 Replies to “4 Faktor Penting untuk Penampilan Pidato yang Mengesankan Audiens”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *