Plus Minus Blogger Loper Koran

Word Blog with colourful letters. 3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept – Ngeblog itu mengasyikkan dan bikin kecanduan. Sekali Anda coba, maka Anda akan ketagihan rasanya.

One day one article is not as easy as you think, but it is very challenging. Beberapa bulan ini penulis rajin melakukan posting artikel tiap hari. Artikel yang terbit terjadwal tepat tengah malam. Jadi durasi tayang tiap artikel relatif sama, yaitu 24 jam. Satu artikel terbit setiap hari bukanlah ajang uji coba kehebatan optimasi web ini. Langkah ini penulis ambil karena luapan ide-ide di dalam pikiran yang tak tersalurkan lewat percakapan tatap muka. Continue reading “Plus Minus Blogger Loper Koran”

(Bukan) Tips Sukses Blogging Dunia dan Akherat

Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia
Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia

Rejeki itu rahasia Tuhan, nggak ada satupun manusia yang bisa memastikan kehadirannya. Termasuk dalam hal ngeblog yang bisa memberi makan bagi si blogger. Di luar sana ada banyak artikel yang teroptimasi untuk menjadi referensi terbaik di bidangnya. Entahlah, akhir-akhir ini saya kok malah malas nulis di blog ini. Sepertinya arus informasi menjejali pikiran saya sampai over load. Hasilnya ya tulisan ini. Sori sori sori jek kalau bahasanya agak kacau. Hehehe.¬†Kalau menurut pengalaman dan berbagai referensi yang saya dapat, ngeblog yang oke punya biasanya…

Memiliki topik spesifik.

Blog gado-gado memang mengasyikkan. Kita bisa nulis apapun yang kita mau tanpa takut keluar dari benar merah artikel. Tapi beraneka ragam topik ini juga bisa bikin Anda kesulitan menentukan pilihan mana yang mau diangkat. Logika umum yang berlaku adalah kenapa tarif konsultasi dokter spesialis kulit dan kelamin lebih mahal daripada dokter umum? Jawabnya ya tadi, karena keahlian. Semakin Anda fokus pada satu keahlian, semakin bagus citra di mata pembaca. Continue reading “(Bukan) Tips Sukses Blogging Dunia dan Akherat”

Panduan Dasar Blogging Untuk Pebisnis Online Pemula

bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup
bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup

Sampai detik ini masih banyak yang tanya gimana sih cara ngeblog yang baik dan benar? Apa ada kiat-kiat khusus supaya blogging bisa bertahan lama, bahkan kalau perlu ditingkatkan menuju tahap monetisasi atau cari duit lewat ngeblog?  Well, kali ini saya katakan, nggak ada resep ngeblog yang benar-benar teruji sukses buat semua orang. Setiap orang itu unik dan punya gaya belajar masing-masing. Satu cara cocok buat saya, belum tentu cocok buat yang lain.

Makanya, aneh pula kalau ada blogger yang belum saya kenal sebelumnya tiba-tiba bertanya: Langkah apa yang terbaik buat saya? Bikin duit dari internet itu gimana? Bla..bla..bla… Waduh mas, bukannya saya nggak mau berbagi ilmu. Tapi ya lucu aja, belum tahu kapasitas dan kemampuan dia, tapi saya disuruh kasih advice. Ibarat pasien yang masuk ruang praktek dokter, belum bilang apa-apa sudah keburu minta disuntik. Kalau nggak salah suntik pakai obat sakit kepala untuk gajah aja udah untung dia. Continue reading “Panduan Dasar Blogging Untuk Pebisnis Online Pemula”