Halal Bihalal Kreatif dan Menarik Ala Bani Karso di Lebaran Idul Fitri 2018

Ziarah Wali Limo Keluarga Besar Bani Karso di Makam Sunan Bonang Kota Tuban
Ilustrasi kerukunan keluarga besar Bani Karso pada acara Ziarah Wali Limo di Makam Sunan Bonang Kota Tuban

Acara halal bihalal Bani Karso telah dilaksanakan hari ini, Minggu 17 Juni 2018 di rumah saya di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Kegiatan sambung tali silaturahim antar anggota keluarga besar Mbah Karso tahun ini terbilang kreatif dan menarik. Sisi kreatifitas acara ini dapat dilihat dari pembuatan backdrop acara dan aksesoris photobooth yang unik. Sedangkan bagian menarik dari halal bihalal ini adalah bertabur hadiah untuk para peserta kegiatan. Acara dimulai jam setengah delapan pagi dengan pembacaan khotmil Quran. Kemudian acara ini dimulai berturut-turut qiroah dari saya, doa tahlil bersama Pak Sunaji, sambutan Pak Musrifin, penampilan dai cilik Salmaa, tausiyah agama dari Haji Muryadi, dan terakhir pembagian hadiah. Acara halal bihalal anak-cucu Mbah Karso berakhir pada pukul dua belas, tepat beberapa menit sebelum adzan dhuhur berkumandang.

Halal bihalal Bani Karso tahun ini saya siapkan dengan rapi. Saya mencetak banner ukuran 4×2.5 meter untuk memanjakan para anak cucu Mbah Karso yang hobi bergaya di depan kamera. Langkah ini saya ambil untuk menghindari kebosanan para cucu dan cicit Mbah Karso karena acara ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Data Bani Karso mencatat tahun ini anggota Bani Karso diikuti oleh 17 orang anak dan anak menantu, 43 orang cucu dan cucu menantu, dan 26 orang cicit. Setiap anggota keluarga besar itu memiliki kesibukan masing-masing pada hari kerja normal. Hanya pada momen Lebaran Idul Fitri beginilah mereka dapat berkumpul bersama dalam acara reuni keluarga besar. Secara berturut-turut susunan anak Mbak Karso adalah sebagai berikut:
1. Sunari
2. Sripah
3. Sunaji
4. Suamah
5. Suparman
6. Supardi
7. Suparto
8. Suwarni
9. Muryadi

Halal Bihalal Bani Karso tahun ini memasuki edisi ke-22. Reuni keluarga besar Mbah Karso pertama kali dilaksanakan pada tahun 1996 di kediaman Mbah Karso. Sejak saat itu, secara berturut-turut kegiatan arisan keluarga ini dilaksanakan setiap tahun pada pekan pertama bulan Syawal. Itulah sederet fakta yang tersaji dalam halal bihalal penuh kreatifitas ini. Tiba giliran kuis berhadiah, anak-anak mendekat ke arah kursi roda Mbah Karso. Mereka mengikuti kuis berhadiah yang saya bawakan. Bukan hanya anak-anak, setelah itu giliran ibu-ibu dan bapak-bapak yang ketiban rejeki anak sholeh. Pertanyaan yang saya ajukan cukup sederhana, yaitu mengenai pengetahuan seputar kehidupan pribadi Mbah Karso. Kuis ini untuk menguji seberapa paham mereka tentang keseharian Mbah Karso. Di akhir acara akan ketahuan siapa saja anak-cucu Mbah Karso yang rajin berkunjung dan jarang berkunjung.

Para peserta kegiatan reuni keluarga besar Mbah Karso ini senang dengan acara kuis tersebut. Mereka tertawa saat salah satu cucu Mbah Karso menirukan gaya beliau ketika menasehati setiap orang yang datang ke rumah. Bahkan Mbah Karso kali ini ikut berfoto bersama dengan menggunakan atribut photobooth. Kreatifitas dan kemeriahan seperti ini yang bisa menghasilkan kesan bagi setiap peserta reuni keluarga yang hadir. Tak lupa, sajian nasi rawon khas Jombang menjadi hidangan penutup setelah semua hadirin mencicipi beragam jajan khas Lebaran Idul Fitri. Nasi rawon buatan Emak ini disiapkan sejak tadi malam. Masak nasi rawon pun dilakukan rame-rame dengan seluruh anggota keluarga. Kebersamaan seperti inilah yang dapat terlihat hanya pada Hari Raya Idul Fitri. Semoga jalinan tali silaturahmi yang tercipta selama ini makin erat berkat adanya acara halal bihalal Bani Karso.

Kami pun bersiap dengan rencana halal bihalal Bani Karso tahun depan yang akan digelar di Surabaya. Melalui acara seperti ini kami merasakan indahnya memiliki keluarga besar tempat berbagi cerita dan pengalaman hidup. Itulah sekelumit cerita acara reuni keluarga saya hari ini. Simak kilasan acara tersebut pada video Youtube di atas. Bagaimana dengan acara temu kangen keluarga Anda? Apakah Anda juga terlibat aktif dalam kegiatan halal bihalal keluarga besar? Silakan berbagi pengalaman jalin silaturahmi diperayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Komentarnya di kolom bawah ini ya.

Bagikan artikel ini melalui:

24 Replies to “Halal Bihalal Kreatif dan Menarik Ala Bani Karso di Lebaran Idul Fitri 2018”

  1. Acara rutin seperti ini bisa jadi hambar karena terlalu sering diadakan. Untung ada kreasi mas Agus yg bikin hidup suasana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *